harga mobil xenia vs avanza

Kita semua pasti sepakat bahwa mobil Xenia dan Avanza adalah varian mobil yang paling banyak diburu masyarakat. Kedua mobil kelas low MPV ini juga punya bentuk dan spesifikasi yang mirip. Bedanya hanya dari segi harga saja. Harga mobil Xenia lebih  murah dibanding Toyota Avanza yang lebih tinggi.

Sebelum memilih satu diantara keduanya, selain mencari refernsi harga dan spesifikasi dari internet, kunjungi juga showroom mobilnya secara langsung dan bandingkan sendiri. Jangan hanya dengar pendapat saja.

Sama seperti film Joker yang punya review beragam, ada yang tak suka, tak sedikit juga yang memuji. Film yang menuai pro kontra ini harus ditonton dulu sebelum ikut berkomentar. Sebelum nonton, pastikan baca dulu film Joker sinopsis singkatnya agar punya gambaran. Setelah itu, barulah nilai, apakah filmnya bagus atau tidak, tentu saja sesuai subjektifitas masing-masing. Begitupun dengan memilih Xenia dan Avanza. Baca referensi dan lihat secara langsung, baru putuskan.

Perbedaan Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza

1. Desain eksterior

Salah satu bagian yang paling terlihat jelas kesamaannya adalah bagian eksterior mobil, terlebih bagian bumper depan. Pada Toyota Avanza, desain grille chrome terbatas di bagian tengah serta bawah mobil. Ada rear bar untuk setiap jenis tipe mobil Avanza. Sedangkan pada Xenia, desain grille tergantung pada tipe mobilnya. Secara umum, bagian fog lamp Xenia tidak dilengkapi aksesoris chrome. Bagian belakang Xenia juga tidak terdapat rear bar dan spoiler, terkecuali pada tipe tertinggi.

Dari segi ukuran, bodi mobil Xenia tipe D dan M berdimensi 4.190 x 1.660 x 1.695 mm dengan bobot 1.085 kg dengan sumbu roda 2.655 mm. Sedangkan tipe X dan R berukuran 4.140 x 1.660 x 1.695 mm berat bobot 1.427 kg.

2. Desain Interior

Bagian kabin kedua mobil ini terlihat berbeda. Jika pada Xenia menampilkan kombinasi warna yang berbeda, sehingga menampilkan kesan mewah serta elegan. Begitu juga halnya dengan bagian dashboard yang memainkan kombinasi warna juga. Panel layar Multi Information Display (MID) terdapat tombol AC, audio, dan fitur-fitur unggulan lainnya.

Sedangkan mobil Avanza mengusung konsep elegan nan modern. Terlihat dari dashboard dengan aksen gelap yang mengacu pada tema dashboard panel design with all new black tone. Wajar jika terlihat modern dan sporty. Ada juga panel layar berukuran 6.1 inci yang juga dilengkapi dengan beragam fitur unggulan untuk hiburan.

3. Mesin yang digunakan

Tampilan luar sepintas boleh terlihat sama, namun dari segi mesin, tentu saja berbeda. Xenia memiliki dua tipe mesin, yaitu 1.000 cc dan 1.300 cc. Sedangkan Toyota Avanza memiliki tipe mesin 1.300 cc dan 1.500 cc. Tergantung konsumen memilih tipe dan jenis mobil yang mana. Yang jelas, semua tipe mesin tersebut sudah dilengkapi teknologi VVT-I sehingga jadi lebih bertenaga. Wajar jika harga mobil Xenia juga berbeda dengan Toyota Avanza, mengacu pada spesifikasi yang memang berbeda pula.

4. Fitur Keamanan

Memang, kedua mobil ini belum dilengkapi fitur keamanan yang terlampau canggih, hanya ada seatbelt. Sedikit lebih canggih untuk Avanza varian 1.500 cc serta Veloz yang sudah tersedia dual SRS Airbags, sehingga mampu melindungi penumpang jika terjadi benturan yang cukup keras. Bahkan disematkan  juga teknologi ABS pada pengereman.

5. Harga Mobil Xenia dan Avanza

Mobil keluarga yang satu ini ternyata memiliki harga yang berbeda meskipun dari segi bentuk sekilas terlihat sama. Di pasaran, harga Toyota Avanza dibanderol dengan harga Rp 155.000.000 sedangkan harga mobil Xenia sekitar Rp 134.000.000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here