daun meniran

Berbeda dari demam biasa, demam berdarah merupakan salah satu penyakit mematikan yang banyak dilaporkan terjadi di wilayah tropis dan subtropis (seperti Indonesia). Kasus yang paling banyak biasanya terjadi pada anak-anak. Hal inilah yang membuat banyak ahli kesehatan dan dokter kemudian mencari alternatif dan obat demam berdarah anak untuk mengurangi dampak yang lebih luas.

Pengobatan Rumah Yang Efektif Untuk Menangani Demam Berdarah

1. Jambu biji

Demam berdarah pada umumnya diikuti oleh gejala penurunan trombosit. Untuk itu banyak orang mengkonsumsi jambu biji untuk mengobati demam berdarah. Karena dalam jambu biji terdapat kandungan flavonoid yang dipercaya dapat meningkatkan trombosit. Selain itu, ekstrak daun dari jambu biji juga dipercaya mengandung tanin yang dapat menghambat pertumbuhan enzim dari virus dengue.

2. Angkak merah

angkak merah

Angkak merah pada dasarnya merupakan beras merah yang dibuat dengan cara fermentasi (menggunakan ragi khusus). Beras yang berasal dari Tiongkok ini dipercaya dapat meningkatkan jumlah trombosit pada penderita demam berdarah. Namun penyebarannya mungkin belum terlalu banyak di Indonesia. Meskipun begitu, beras ini banyak bermanfaat untuk pengobatan, seperti menurunkan kadar kolesterol.

3. Daun meniran

Phyllanthus urinaria atau meniran merupakan tanaman liar yang banyak ditemui di alam bebas. Tanaman ini memiliki batang dan daun yang cukup kecil, yang mana daunnya dipercaya mengandung flavonoid yang berfungsi untuk meningkatkan trombosit. Selain itu, daun meniran juga dipercaya mengandung banyak senyawa bermanfaat lain seperti: tannin, asam fenolat, alkaloid, dan triterpenoid.

4. Daun papaya

Selain enak untuk dijadikan lalapan, ternyata daun papaya juga dapat membantu meningkatkan trombosit pada penderita DBD. Bahkan, daun pepaya juga dapat mengurangi gejala demam lainnya, seperti kedinginan, nyeri pada tubuh, perasaan mual, dan mudah lelah. Anda bisa menghancurkan atau mengkonsumsi daun ini sebagai jus untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh Anda.

5. Kunyit

Kunyit merupakan rempah-rempah yang banyak digunakan untuk meningkatkan metabolisme. Namun ternyata kunyit juga banyak mengandung manfaat lain seperti penyembuhan luka. Beberapa penelitian menyebutkan jika kunyit mengandung zat anti mikroba yang dapat digunakan sebagai cara agar luka cepat kering. Selain itu kunyit juga mengandung zat anti tumor, anti sel kanker, dan masih banyak lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here