sampah organik

Sampah terbagi menjadi dua golongan yaitu organik dan non-organik. Sampah Organik merupakan sampah sisa manusia yang sudah tidak terpakai dan dibuang namun masih bisa diolah kembali. Jenis sampah tersebut dapat diuraikan oleh bakteri atau jamur pengurai. Banyak orang yang mengolah sampah berbahan organic tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Hampir seluruh sampah organik dihasilkan oleh makhluk hidup. Kamu perlu mengetahui ciri-ciri limbah organik. Ciri umum limbah organik yaitu, ukurannya kecil atau mikro, bersifat dinamis, penyebarannya memiliki dampak yang luas, dan memiliki dampak dalam jangka panjang.

Sampah atau limbah organik juga dibagi menjadi dua jenis. Yaitu limbah organik basah merupakan limbah yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Untuk mengolah limbah organik basah, bisa dimulai dari mengeringkannya terlebih dahulu. Adapula limbah organik kering dengan kandungan air sangat rendah yang bisa diolah menjadi beberapa kerajinan.

Lalu apa sajakah macam-macam sampah yang tergolong organik?

1. Daun

Daun merupakan salah satu bagian pada tumbuhan. Daun biasanya akan gugur pada waktu tertentu. Banyaknya sampah dedaunan yang jatuh merupakan limbah organik. Daun kering yang berguguran tersebut bisa diolah kembali menjadi pupuk kompos.

2. Kayu

Ini juga merupakan limbah organik yang dihasilkan oleh tumbuhan. Kayu dihasilkan dari batang pada tumbuhan yang juga masuk dalam golongan limbah jenis organik. Kayu punya peran daur ulang yang cukup efisien. Limbah kayu bisa di daur ulang menjadi barang-barang furniture.

3. Sisa Makanan

Sisa makanan juga merupakan golongan limbah organik yang bisa diolah menjadi pupuk kompos. Pupuk kompos sangat baik untuk menyuburkan tanaman.

4. Kulit Biji dari Buah Sayur

Kulit biji dari buah sayur biasanya banyak ditemukan di pasar tradisional. Pedagang membuangnya begitu saja. Namun zat ini dapat membusuk dan diolah menjadi pupuk yang bermanfaat.

5. Tulang Ikan

Nah, tahukah kamu bahwa tulang ikan juga merupakan golongan sampah yang bisa didaur ulang. Biasanya sampah tulang ikan ini dihasilkan oleh restoran atau tempat makan yang menyajikan makanan ikan.

6. Kotoran Hewan

Kotoran dari hewan juga merupakan salah satu sampah bersifat organik yang cukup bermanfaat. Seperti misalnya kotoran sapi, kotoran dari sapi ini merupakan salah satu contoh sampah organik yang dapat dimanfaatkan menjadi biogas alam.

7. Kotoran Manusia

Tidak hanya kotoran hewan, kotoran manusia juga bisa dimanfaatkan menjadi pupuk tanaman yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi.  Hanya jarang sekali sampah yang satu ini digunakan.

8. Bangkai hewan

Bangkai dari hewan merupakan jenis salah satu sampah organik. Bangkai hewan mungkin tidak dapat dimanfaatkan secara utuh.

9. Limbah pabrik

Pabrik merupakan salah satu penyumbang sampah organik yang cukup banyak. Namun limbah pabrik dengan jenis organik jarang sekali yang mengolahnya.Hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh sampah organik dari pabrik ini hanya menguranginya.

10. Sampah organik dari rumah sakit

Rumah sakit sering kali menyumbangkan sampah pada lingkungan. Limbah atau sampah yang ditimbulkan dari rumah sakit yang harus diuraikan kembali dan dapat menyatu dengan tanah.

Beberapa jenis yang dijelaskan di atas merupakan jenis sampah atau limbah organik. Bentuk sikap peduli terhadap lingkungan, maka kamu harus pintar memilih dan memilah sampah organik dan non-organik. Kamu juga dapat membantu memanfaatkan limbah organik agar lebih bermanfaat. Hal itu tidak menutup kemungkinan pada sampah non-organik yang bisa didaur ulang dan menjadi lebih bermanfaat. Banyak artikel yang dapat kamu pelajari di internet untuk menambah pengetahuan dalam mengolah sampah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here