bisnis barang import murah

Sadar atau tidak, barang-barang import khususnya dari China itu memiliki harga yang jauh lebih murah dan kualitasnya gak jelek-jelek banget. Pasti sering lihat di beberapa e-commerce atau toko online menjual barang import murah. Ternyata bisa jadi peluang bisnis yang menguntungkan, lho.

Di Indonesia sendiri sudah banyak produk import China yang masuk, mulai dari produk kecantikan, keperluan rumah tangga, barang elektronik, dan lainnya. Harga jualnya yang relatif lebih murha membuat masyarakat lebih banyak memilihnya.

Keuntungan Bisnis Barang Import Murah dari China

Dengan berbisnis menjual barang import murah dari China, kamu akan menciptakan target pasar baru yang akan meningkat setiap waktunya. Kenapa sih harus mengimpor produk dari China? Keuntungannya apa? Berikut keuntungannya yang wajib kamu tahu.

Harga produknya murah

Keuntungan yang paling utama dari bisnis produk barang import dari China adalah harganya yang cenderung lebih murah. Tentu saja keuntungan ketika menjual barang tersebut kembali akan sangat tinggi, bahkan berkali-kali lipat.

Kualitas barang cukup baik

Meskipun harganya murah, kualitas barang dari China ini tidak begitu buruk. Meskipun banyak anggapan produk tersebut mudah rusak, namun pada kenyataannya barang import ini kualitasnya cukup bagus. Sebab, sebelum dikirim ke negara lain, produk dari negeri China tetrsebut harus melewati pengecekan kualitas terlebih dahulu. Harga murah bukan berarti tidak berkualitas.

Margin Keuntungan yang Besar

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, harga produk dari China ini bisa didapat dengan harga yang murah dengan kualitas barang yang bagus. Sesampainya di Indonesia, kamu bisa menjualnya dengan pasaran harga dalam negeri. Sehingga margin keuntungan yang akan didapat sangat besar.

Keunikan produk import China

Bisa diperhatikan bahwa setiap produk-produk dari China biasanya unik dan langka yang tidak ada di Indonesia. Produsen di negera tersebut sepertinya selalu melakukan inovasi untuk setiap produknya. Barang unik dan langka ini akan memiliki peluang yang cukup besar untuk masuk ke pasar Indonesia.

Mulai dari bisnis barang import secara online

Untuk memulai bisnis menjual produk import murah dari China ini, kamu tidak perlu langsung membuka toko untuk menjualnya. Mulailah dengan menjual barang-barang tersebut secara online. Sebab, penjualan secara online juga tengah berkembang belakangan ini. Bisa dengan jadi reseller atau dropshipper. Atau bis juga langsung jadi supplier atau vendor untuk produk-produk import ini.

Langkah dan Cara Import Barang dari China

Mencari suplier dan barangnya

Tentu saja kamu harus menentukan barang apa yang akan diimpor dan dijadikan bisnis. Kemudian, cari suplier yang menyediakan barang tersebut. Pastikan suplier tersebut terpercaya dan punya reputasi yang baik.

Menentukan sistem pembayaran

Langkah selanjutnya adalah dengan menentukan cara pembayaran jika harga sudah disepakati. Ada beberapa yang perlu diketahui, seperti free on board yang berarti biaya pembelian, asuransi, harga serta biaya pengirimannya dibayar nanti jika barang sudah di pelabuhan bongkar. Ada pula cost insurance and freight yang berarti sistem bayarnya dilakukan sebelum kapal ke pelabuhan muat.

Menentukan sistem pengiriman barang

Ada tiga cara pengiriman barang yang bisa dipilih seperti jalur darat, jalur udara, serta jalur laut. Tentu saja sistem pengiriman ini disesuaikan dengan kebutuhan.

Mengurus dokumen yang berhubungan dengan perizinan

Perizinan import ini penting sebelum menjalankan bisnis barang import seperti ini. Dokumen perizinan ini harus diurus agar nantinya tidak ada masalah yang berkaitan dengan bea cukai.

Menjual barang import murah tetap harus ada izinnya ya. Sebab barang yang dibeli ini tidak berasal dari dalam negeri sendiri. Tidak terlalu ribet, hanya ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi dan harus diurus. Bagaimana, apakah kamu tertarik?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here