Jajanan Tradisional Terenak.
Jajanan Tradisional Terenak.

Darcpoetry.com, Jajanan tradisional Indonesia sangat beragam dan banyak, sehingga terkadang kita kebingungan memilih jajanan mana yang akan kita makan. Meskipun tidak semua jajanan tradisional dapat kita makan, bahkan jajanan tradisional di daerah kita sendiri saja banyak dan beragam sehingga kita sering bingung memilihnya. Untuk itu kali ini kita akan memberikan informasi tentang jajanan tradisional terenak yang disukai banyak orang, selain itu jajanan tradisional ini mudah ditemukan di beberapa tempat bahkan di kota besar sekalipun.

Jajanan Tradisional Terenak.
Jajanan Tradisional Terenak.

Surabi

Surabi adalah makanan khas Jawa Barat, terutama di kota Bandung sangat mudah menemukan jajanan tradisional ini. Meskipun di daerah lain memang ada juga jajanan tradisional surabi, namun surabi yang satu ini cukup berbeda. Terbuat dari tepung beras dan kelapa, di masak di tungku api menggunakan cetakan tradisional.

Surabi memiliki dua rasa original, yang pertama polos dapat dimakan langsung atau bisa ditambahkan kuah kinca ataur air gula merah. Surabi yang kedua dicampur oncom, kadang menggunakan telur sehingga rasa dari surabi lebih gurih. Kini surabi telah naik kelas dan memiliki beragam varian rasa yang berbeda.

Lemper Ayam

Jajanan tradisional terenak ini cocok untuk sarapan pagi, terbuat dari beras ketan dengan isian ayam yang gurih. Setelah itu lemper dibunkus dengan daun pisang dan kemudian dibakar, aroma daun pisang yang terbakar melekat pada ketan dan menciptakan rasa yang nikmat.

Jajanan Tradisional Terenak.
Jajanan Tradisional Terenak.

Dadar Gulung

Dadar gulung adalah jajanan tradisional yang memiliki citarasa manis, sesuai namanya dadar gulung adalah sebuah adonan terigu yang di dadar kemudian diberikan pewarna bewarna hijau. Setelah itu di isi dengan parutan kelapa dan gula merah, kemudian digulung sehingga disebut dadar gulung.

Nagasari

Nagasari adalah jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan dan gula, kemudian di isi dengan pisang. Rasa dari pisang yang terbungkus tersebut sangat nikmat, apalagi tekstur nagasari yang lembut dan beraroma wangi karena telah dibungkus daun pisang kemudian di kukus.

Onde-onde

Makanan ini berbentuk bulat kemudian dibalut dengan wijen sehingga mirip kue wijen. Onde-onde memiliki tekstur yang empuk dan rasa yang manis. Salah satu hal yang khas dari kue enak ini adalah pada bagian dalam kue yang diisi dengan kacang hijau.

Kue Lapis

Kue yang di buat dari tepung beras, tepung kanji, gula pasir, garam dan pewarna yang dimasak dengan cara di kukus. Kemudian ditumpuk sehingga berlapis-lapis, memiliki warna yang berbeda di setiap lapisan sehingga memberikan tampilan yang sangat khas.

Clorot

Clorot adalah jajanan khas dari Jawa yang terbuat dari gula merah, santan, tepung beras, tepung sagu serta bahan lainnya. Bentuknya terlihat cukup unik karena adonan dimasukkan ke dalam wadah yang terbuat dari janur kuning yang diulin membentuk kerucut mirip mainan terompet daun kelapa kemudian dikukus.

Kue Ku

Bagi masyarakat Cina, kue ku adalah kue yang secara tradisional dibuat untuk kelahiran anak dan ulang tahun. Bahan bakunya adalah tepung ketan yang diisi dengan kacang hijau. Kue ini bisa dimasak dalam berbagai macam warna, namun yang paling sering kita temui biasanya berwarna merah.

Klepon

klepon adalah makanan  yang terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diwarnai hijau kemudian diisi dengan gula Jawa. Biasanya disajikan dengan parutan kelapa.

Apem

Apem adalah jajanan tradisional terenak yang dibuat dari tepung beras yang didiamkan semalam dengan mencampurkan telur, santan, gula dan tape serta sedikit garam kemudian dibakar atau dikukus. Bentuknya mirip serabi namun lebih tebal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here